Jakarta, (2/4/20) – Dalam rangka mendukung upaya Pemerintah untuk mecegah penyebaran virus corona yang semakin meluas, PT Angkasa Pura Properti telah melakukan langkah-langkah lebih lanjut dengan melaporkan kebijakan-kebijakan manajemen perusahaan kepada Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Provinsi DKI Jakarta menanggapi Surat Edaran  Nomor 14/SE/2020 tentang Himbauan Bekerja di Rumah (Work from Home).

Guna memperkuat upaya tersebut PT Angkasa Pura Properti telah mengeluarkan Surat Edaran mengenai Himbauan Pencegahan Virus Corona dan Surat Edaran mengenai Ketentuan Work From Home di Lingkungan PT Angkasa Pura Properti selama Masa Tanggap Darurat Covid-19. Kebijakan Work From Home yang diterapkan oleh PT Angkasa Pura Properti adalah dengan melakukan minimum operasional kerja, dimana untuk sementara waktu jadwal dan kapasitas orang yang bekerja sangat diminimalisasi. Langkah ini diambil guna menerapkan social distancing, mengantipasi penyebaran virus corona tanpa menganggu operasional kerja.

Kelancaran dan tanggung jawab komitmen juga dipantau oleh manajemen dengan menyusun program kerja selama masa Work From Home bahwa setiap manajer diwajibkan turut memantau target kerja dan kinerja karyawannya selama melakukan Work From Home.

Pengisolasian diri dan pemantauan karyawan juga terus dilakukan, terlebih kepada karyawan yang dalam sebulan terakhir melakukan perjalanan dinas didalam ataupun keluar negeri di negara terdampak. Prosedur ini wajib dilakukan bagi karyawan dengan cara mengisolasi diri minimal 14 hari dirumah, yang kemudian juga menjalani tes corona untuk mengetahui apakah yang bersangkutan terinfeksi virus atau tidak. Hal ini juga berlaku bagi karyawan yang merasa sakit seperti flu, batuk, demam dan lemas.

Pembentukan tim khusus Covid-19 pun juga dilakukan untuk bertugas melaksanakan langkah pencegahan dan melaporkan perkembangan Covid-19 yang terjadi di lingkungan PT Angkasa Pura Properti. Dalam lingkungan kerja, Tim ERT Covid-19 ini telah melakukan langkah sosialisasi terkait Virus Covid-19  dan cara pencegahannya kepada seluruh karyawan baik di kantor pusat maupun di proyek-proyek dengan langsung memaparkan materi terkait diikuti dengan praktek mencuci tangan yang bersih. Selain itu juga mensosialisasikan susunan protokol pencegahan dan penanganan khusus jika ada karyawan yang terinfeksi. Tak hanya itu edukasi terkait cara pencegahan juga dilakukan dengan menyediakan banner ataupun spanduk di area kantor pusat dan proyek, serta melalui media sosial Instagram PT Angkasa Pura Properti.

Upaya pembersihan didalam lingkungan kerja PT Angkasa Pura Properti juga terus dilakukan melalui penyemprotan desinfektan secara berkala dan teratur diantaranya yaitu pembersihan menggunakan desinfektan sehari dua kali didalam kantor pusat terhadap barang-barang dan ruangan yang selalu digunakan setiap hari seperti pada ruang kerja, meja kerja, kaca, gagang pintu dan lain-lain. Sedangkan untuk program penyemprotan secara menyeluruh di seluruh gedung dilakukan seminggu sekali. Langkah preventif juga telah dilakukan dengan menyiapkan air purifier, hand sanitizer di sejumlah lokasi yang mudah dijangkau, hand gloves dan pembagian masker untuk digunakan kepada seluruh karyawan PT Angkasa Pura Properti.

Rangkaian kegiatan pencegahan ini merupakan bentuk komitmen PT Angkasa Pura Properti untuk turut mendukung Pemerintah mencegah penyebaran Virus COVID-19 dengan tetap bertanggung jawab kepada kelancaran operasional.

Share