Jakarta (12/4/20) – Sehubungan dengan telah beredarnya pemberitaan terhadap operasional pembangunan gedung kantor administrasi PT Angkasa Pura I di Bali mengenai kurang patuhnya beberapa pekerja dengan tidak menggunakan APD (Alat Pelindung Diri) pada saat bekerja.

Dengan ini disampaikan bahwa dalam pelaksaanaan pekerjaan proyek pembangunan, PT Angkasa Pura Properti selalu berkomitmen mematuhi Peraturan Pemerintah dan selalu mengedepankan nilai-nilai keselamatan yang dilekatkan kedalam surat Keputusan Direksi Nomor : APP.001/KEP/2019 tentang Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) Pekerjaan Konstruksi PT Angkasa Pura Properti

Selain itu untuk menunjukan komitmen terhadap Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja, PT Angkasa Pura Properti juga telah memperoleh Sertifikat OHSAS 18001 sehingga perusahaan memiliki kerangka acuan yang sesuai dengan standar internasional dalam melakukan perencanaan dan implementasi K3 terhadap kegiatan pekerjaannya.

Melalui pernyataan klarifikasi ini disampaikan bahwa pembangunan proyek gedung kantor administrasi PT Angkasa Pura I di Bali juga tak lepas dari adanya komitmen terhadap K3. PT Angkasa Pura Properti dalam melaksanakan kegiatan konstruksinya baik itu termasuk proses tender maupun pembuatan Kontrak pekerjaan selalu mengedepankan pentingnya aspek K3 yang dinyatakan dalam syarat perjanjian Kontrak dengan menegaskan bahwa mitra berkewajiban menerapkan Sistem Manajemen K3 (SMK3) dan bertanggung jawab untuk ketersediaan dan keamaan peralatan yang dipakai selama pelaksanakan pekerjaan, begitupula terhadap kesehatan dan keselamatan para pekerjanya selama masa pelaksanaan pekerjaan.

Kami menyadari bahwa upaya yang telah dilakukan oleh PT Angkasa Pura Properti dalam mengawasi keselamatan para pekerja di lingkungan konstruksi harus lebih ditingkatkan dan diperketat lagi kedepannya, karena bagi kami K3 merupakan aspek yang sangat vital. Kami akan bertindak tegas kepada mitra maupun pekerja yang tidak sesuai dengan peraturan termasuk tidak dipakainya Alat Pelindung Diri (APD) pada saat bekerja. Langkah selanjutnya adalah dengan meningkatkan pemberian edukasi kepada para pekerja lapangan mengenai pentingnya keselamatan dan kesehatan pada saat bekerja sehingga para pekerja bisa terus mengingat dan senantiasa memiliki kesadaran terhadap keselamatan bekerja.

Share