Jakarta (8/10) – Dalam rangka untuk menumbuhkan kesadaran akan SMK3 (Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja) di lingkungan perusahaan, maka APP memberikan Training Awareness SMK3 yang diikuti oleh beberapa pegawai APP di kantor pusat. Selain itu, training yang diselenggarakan pada tanggal 7-8 Oktober di Gedung Center for Excellence ini dilakukan sebagai upaya untuk memenuhi regulasi pemerintah yang tercantum dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 50 tahun 2012 tentang implementasi SMK3.

Di hari pertama, para peserta diberikan materi tentang konsep dasar dan prinsip-prinsip serta implementasi SMK3 di perusahaan dengan mengupas seluruh 166 kriteria dari penerapan SMK3 yang perlu diperhatikan oleh perusahaan. Memahami pula tentang risiko, akibat serta pencegahan yang perlu diperhatikan dari setiap kegiatan kerja perusahaan di masing-masing unit perusahaan.

Tidak hanya dibekali teori, di hari kedua training diisi oleh kegiatan praktik terkait Emergency Response Plan seperti tahap melakukan CPR (Cardiopulmonary Resuscitation) di lingkungan perusahaan dan perlunya Emergency Response Team sebagai tim yang bertanggungjawab dan memastikan persiapan dan penanganan yang cepat dan tepat dalam mengelola risiko yang spesifik di fasilitas kerja setempat.

Di sesi terakhir, para peserta diajak untuk terjun langsung menghadapi risiko bencana kebakaran di Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Kecamatan Kemayoran. Setiap peserta diberikan kesempatan untuk memadamkan api dengan APAT (Alat Pemadam Api Tradisional) yaitu karung basah dan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) dengan teknik yang benar.

Dari keseluruhan training diharapkan perusahaan dapat memahami dan mengimplementasikan SMK3 sehingga apabila terjadi risiko di tempat kerja, perusahaan dapat merespon dengan cepat dan tanggap.

Share